Tuesday, August 28, 2018

Bore Up Drag Satria FU 150 cc Ke 200 cc? Biaya Yang Lumayan Mahal Tetapi Memuaskan


 Maniak motor inilah dia suzuki FU DOHC (Double Over Camshaft) yang beberapa tahun jadi perbincangan. Saat itu, baru 7.5 detik tapi sudah dianggap cepat. Sekarang time sudah mulai main 7.1 lebih, bahkan pula sudah 7.0 detik. Artinya ada loncatan 4 detik.



 Seperti bagaimana solusi jika laju dari satria FU150 anda mungkin dirasa kurang pas inilah obatnya "boreup", yang salah satu merupakan tindakan membesarkan salah satu silinder dan memperbesar kapasitas mesin. Salah satu untuk melakukan boreup pada satria 150 menjadi 200 cc harusnya mengganti seher serta boring mesti diganti dan crankcase dibubut lagi agar bisa pas masuk ke salah satu crancase ataupun ganti dengan yang seukuran. Selain itu juga sebaiknya rubahlah head silinder dibesarin juga diameternya untuk mengikuti ukuran seher agar kompresinya tidak terlalu besar


 Yuk kita inti cara bere up satria fu;



1. KLEP


  yang pastinya Lama bermain dengan Jupiter yang SOHC, begitu dihadapkan pada mesin FU DOHC, awalnya Pele kagok. Makanya, ubahan pertamanya yang pasti diterapkan tak terlalu ekstim.


"Diameter pada klep tergolong besar untuk mesin DOHC (in/ex : 22/19 mm). Sehingga dengan perubahannya yang tidak terlalu sangatlah ekstrim, akselerasinya sudah bisa cukup kencang," bebernya. Tapi, biar dapat power dan torsi gede, klepnya harus diganti keluaran Kawahara berdiameter 25/22 mm.


2. BORE UP


   Buat mengejar 200 cc, bore up pakai piston 72 mm ini yang juga keluaran Kawahara. Strokepun harus dibiarkan standar (48,8 mm). Namun stang pistonnya kepunyaan Honda Tiger diyakini lebih kuat dan aman. Dengan profil pistonnya jenong, rasio kompresi harus mampu dipatok 14,2 : 1. Bahan bakarnya pakai bensol.


3. PENGAPIAN


  Sektor pengapian diseting ulang mengandalkan CDI Kawahara. "Mapping tertinggi timing pengapiannya harus diset 40 derajat sebelum TMA, itupun pada putaran mesin 6.000-9.000 rpm," jelas pria yang bengkelnya di Kp. Tinawas RT 02/01 Kec. Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah.


4. RASIO TRANSMISI


Usai tenaganya mesin melonjak, selanjutnya Pele mengolah pada rasio transmisi 6-speednya. Gigi 3 dan 4, dibiarkan standar. Sedangkan darimu jadi 15/32, gigi II =15/24, V=22/23 dan VI= 23/22. Dengan racikan terebut, performa pada motor dirasa semakin bertenaga dari putaran bawah sampai atas.


  Perlu diketahui juga Bore up artinya mengganti piston dengan piston berdiameter lebih besar. Pabrikan motor juga banyak yang menyediakan piston pengganti ori dengan ukuran lebih besar, istilahnya Piston Oversize (os). Tapi biasanya hanya lebih besar sedikit saja dari standarnya, misal naik 0,5mm (os50) sampai 3mm (os300). Sedangkan


 Stroke Up artinya menaikan langkah piston. Dilakukan dengan merubahnya posisi pada poros piston di kruk as (Big End) supaya jarak naik turun piston (TMA ke TMB) jadi lebih jauh. TMB nya lebih turun, TMA nya lebih tinggi. Sekedar mengganti stang pada piston (con rod) dengan stang yang lebih panjang tak akan merubah stroke selama poros bigend tak berubah.



 Untuk mendapatkan kapasitas sebesar mungkin yakni 200 cc maka perlu juga dilakukan bore up pada satria f 150. Piston pun bawaan pabrik disingkirkan dan diganti piston 68 mm eliminator. Namun jikalau hanya dengan mengganti piston saja pastinya belum didapatkan kapasitas sebesar 200 cc. Untuk itu perlu juga dilakukan stroke up. Cukup dengan 3mm maka secara otomatis langkah piston akan kemungkinan bertambah sepanjang 6mm. Langkah pada piston standar satria Fu adalah 48,8 mm sehingga akan menjadi 54,8 mm. Dengan demikian kapasitas pastin akan membengkak menjadi 198,9 cc.



 Untuk bikin agar tenaga makin galak, kamu dapat menggunakan sebuah piston Eliminator berdiameter 68 mm. Lalu stroke up 3 mm (total 6 mm). Dengan begitupun panjang langkahnya juga menjadi 54,8, sedangkan standarnya 48,8 mm. Ujungnya volume ruang bakar menjadi 198,9 cc. Meski sudah stroke up, tidak perlu tambah paking blok. Soalnya piston ini lebih ceper atau pendek dibanding piston yang lain. Jadi meski sudah stroke up tetap tidak kelihatan, karena tidak ada penambahan paking blok.

Lebih jelasnya simak vidionya,tutorial bore up satria fu;



   Nah Demikianlah Artikel tantang Cara Bore Up Satria Fu Menjadi 200 cc Aman dan Kencang. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu dan wawasan untuk semuanya. Jangan lupa juga ya baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini

Sekian dari saya terima kasih.

Bore Up Drag Satria FU 150 cc Ke 200 cc? Biaya Yang Lumayan Mahal Tetapi Memuaskan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: cah bagus ardhy

0 comments:

Post a Comment